Selasa, 17 Mei 2011

Info Backpacker Lombok

Salam Ransel, hallow para Backpackers,,
lombok, lombok, lombok,,,yap siapa yang ngga kenal lombok. Pulau yang terletak di provinsi NTB itu menyimpan banyak keindahan dan membuat penasaran bagi para wisatawan yang akan mengunjunginya, info dibawah ini akan menjelaskan perjalanan menuju Pulau lombok dan tetap dengan cara para Backpackers alias jalan – jalan murah tapi ngga murahan, lanjuuuuutt….!

Stasiun Pasar Senen Jakarta, bagi Backpackers yang tinggal dekat dengan kota Jakarta stasiun ini bisa dijadikan alternatif utama untuk melakukan perjalanan, karena stasiun ini bisa melakukan pemesanan tiket kelas ekonomi satu minggu sebelum keberangkatan. KA Ekonomi Kertajaya (Pasar Senen JKT – Pasar Turi SBY) menjadi pilihan saya dalam mengawali perjalanan kali ini, tarif tiket Rp 43.500 dan kereta berangkat pukul 16.00 WIB kemudian tiba pukul 06.00 WIB di Stasiun Pasar Turi Surabaya. Dari Stasiun Pasar Turi Backpackers harus menuju Stasiun Gubeng menggunakan angkot line warna hijau dari sebrang Stasiun dengan tarif Rp 3.000 lama perjalanan 30 menit. Sesampainya di Stasiun Gubeng Backpackers bisa langsung membeli tiket KA Bisnis Mutiara Timur Rp 85.000 menuju kota Banyuwangi, kereta ini berangkat pukul 09.00 WIB dan tiba di Stasiun Banyuwangi Baru pukul 16.00 WIB, kemudian Backpackers harus berjalan kaki sekitar 500 meter menuju pelabuhan Ketapang.

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, selanjutnya Backpackers harus membeli tiket ferry Rp 6.000 menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali, kapal ferry ada yang berangkat pukul 17.00 WIB satu jam kemudian kapal ferry tiba di Pelabuhan Gilimanuk pukul 19.00 WITA (perbedaan waktu satu jam). Perjalanan selanjutnya menuju pelabuhan Padang Bai menggunakan bis Rp 40.000, namun bis terakhir pukul 17.00 WITA dan baru beroperasi kembali sekitar pukul 01.30 WITA, nah Backpackers bisa beristirahat di Terminal Gilimanuk beberapa jam sambil menunggu bis beroperasi kembali. Dari Terminal Gilimanuk bis diberangkatkan pukul 02.00 WITA dan transit sejenak di Terminal Denpasar pukul 06.00 WITA, selama perjalanan Gilimanuk – Denpasar Backpackers dapat melihat ketaatan supir dan kondektur dalam melakukan sembahyang setiap bis mendapati Pura. Setengah jam kemudian bis berangkat menuju Pelabuhan Padang Bai dan tiba pukul 07.30 WITA.


Pelabuhan Padang Bai Bali, selanjutnya Backapackers melanjutkan perjalanan dengan menyebrang ke Pulau Lombok menuju Pelabuhan Lembar dengan menggunakan ferry Rp 35.000 berangkat pukul 08.30 WITA, setibanya di Pelabuhan Padang Bai sebaiknya Backpackers melakukan Sarapan untuk mengurangi dampak angin laut selama perjalanan, karena penyebrangan Bali – Lombok sekitar 3.5 jam sampai 4 jam dan laut lombok cukup tinggi gelombangnya. Pukul 12.00 WITA ferry merapat di Pelabuhan Lembar, kemudian Backpackers lanjut menggunakan angkutan koperasi pelabuhan menuju daerah Cakranegara (cakra) Rp 15.000, tiba di cakra Backpackers berganti angkutan menuju padang roe Rp 3.000 dan berganti angkutan kembali untuk lanjut menuju kawasan Senggigi Rp 3.000 dari Pasar roe. Akhir tiba di Senggigi pukul 14.30 WITA dan langsung check in penginapan ala Backpackers yaitu Hotel Elen (cp: beuli wayan 0370693014) Rp 100.000/malam. Penginapan di kawasan senggigi bervariatif, namun ala Backpackers banyak pilihan dan tarif mulai 80.000 – 250.000. Backpacker bisa googling untuk mengetahui info penginapan murah di Lombok.

Objek – objek wisata di Lombok :

Pantai Senggigi, buat para Backpackers pasti taulah Pantai Senggigi, pantai dengan pemandangan yang sangat indah dan romantis, untuk menuju Pantai Senggigi Backpackers harus berjalan menuju Sengggi Beach Hotel, karena pintu gerbangnya satu arah dengan hotel tersebut. Dengan tarif Rp 1.000 Backpackers sudah bisa menikmati keindahan Pantai Senggigi. Sunset atau matahari terbenam adalah waktu yang sangat dinanti oleh para wisatawan dan terutama wisatawan asing yang berasal dari Eropa, mereka langsung berpasang – pasangan dan tidak sedikit melakukan sunset kissing..tittttt…bikin ngiri…Memang pemandang pada saat Sunset di senggigi sangat berbeda dan lebih indah, dimana apabila cuaca cerah background pantai Sengigigi adalah Gunung Agung yang berada jauh di Bali Nice..Buat para Backpackers yang mau foto – foto langsung ambil kamera dan say buncis……!

Gili Trawangan, gili Meno, gili Nangu, tarik napassss hfffffttt…kalau kita ngomongin ketiga Gili diatas sudah pasti dalam bayangan kita adalah surga dunia. Subhanallah..indah bangettt, Gili Trawangan adalah Gili (pulau kecil) yang paling sering dikunjungi dan sudah pasti karena yang paling the best pemandangannya, baik pantainya maupun bawah lautnya, mungkin sesuai dengan namanya Trawangan dimana orang –orang dapat menerawang keindahannya (ngga nyambung). Untuk menuju Gilitrawangan Backpackers harus ke Pelabuhan Bangsal terlebih dahulu dari kawasan Senggigi, apabila menggunakan sepeda motor memakan waktu selam 30 menit. Sesampainya di Pelabuhan Bangsal lanjut menggunakan perahu boat kecil Rp 10.000 dengan daya tampung 20 – 25 orang, cukup aman karena di dalam perahu boat tersedia jumlah pelampung yang memadai, dari pelabuhan Bangsal juga bisa menuju Gili lainnya seperti Gili Meno Rp 8.000 dan Gili Nangu Rp 7.000 dan perahu boat berangkat apabila jumlah kuota penumpang terpenuhi. Hampir 90 persen pengunjung Gilitrawangan adalah wisatawan asing (bule semua), teriknya cahaya matahari yang menjadi pemikat mereka untuk mengunjungi Gili ini, beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Trawangan seperti berjemur, bersepeda, menyelam dan yang paling seru snorkeling di pantainya, terumbu karang di Gili ini masih sangat terjaga dan tidak perlu jauh – jauh ketengah Backpackers sudah bisa mendapati gugusan terumbu karang dan ikan - ikan hias khas akuarium yang selalu menemani Backpackers sekalian, untuk snorkeling biaya sewa peralatan snorkeling (Snorkel Fins) Rp 25.000. Sebaiknya menuju Gilitrawangan pagi hari jangan terlalu siang, supaya bisa menikmati Gili ini lebih lama. Perahu boat terakhir menuju Pelabuhan Bangsal adalah pukul 16.00 WITA

Pantai Malimbu, nah pantai yang satu ini tidak kalah menarik dari pantai Senggigi, pantai Malimbu memiliki pemandangan yang khas pula. Pantai dengan bukit hijau dan pasir putih yang luas, air laut yang biru cenderung hijau dan yang paling penting BERSIH, waktu saya mengunjungi pantai ini tidak dikenakan biaya alias gratis sobbb, pintu masuk terletak dipinggir jalan dan langsung disambut dengan rumput hijau dan pohon kelapa yang gagah berdiri. Apabila pulang dari Gilitrawangan kembali menuju Senggigi jangan melewatkan Pantai Malimbu yang juga spot terbaik untuk menikmati Sunset menurut penduduk setempat.

Pantai Kuta Lombok, kuta ternyata bukan hanya terdapat di Bali, lombok juga punya lho. Penasaran dengan pantai tersebut keesokan harinya saya menuju ke Pantai Kuta dan saya putuskan selepas solat shubuh langsung berangkat, supaya bisa menikmati udara pagi di pantai tersebut. Dari Senggigi menuju Pantai Kuta memakan waktu perjalanan selama 2 jam menggunakan sepeda motor dengan kecepatan rata – rata 80 Km/jam (putus VR46). Pantai ini terletak di Lombok tengah, ternyata kondisi jalan menuju kuta cukup mulus dan sejuk, karena pepohonan dijaga keasriannya. Pukul 08.00 WITA saya tiba di Pantai Kuta, sangking takjubnya berkali – kali saya menelan ludah, jadi ini yang dinamakan Pantai Kuta Lombok, Gilaaaaaa….masih alami dan saya merasa seperti menemukan pantai yang tersembunyi, karena masih sedikit wisatawan yang mengunjunginya selain cukup jauh dan akomodas di sekitar pantai ini tidak terlalu banyak, mungkin ini penyebab kenapa Pantai Kuta masih jarang dikunjungi. Pantai Kuta lombok juga tidak ada biaya alias gratis juga, Puassss…, apabila Backpackers mengunjungi Pantai Kuta Lombok jangan lupan juga mengunjungi Tanjung Aan sekitar 15 – 20 menit dari Kuta.

Desa Adat Suku Sasak, menuju desa ini hanya 20 menit dari Pantai Kuta dan jalan yang kita lalui adalah jalan pulang kembali ke kota Mataram atau Senggigi. Suku sasak adalah suku asli lombok yang masih setia dengan adat istiadatnya mulai dari bangunan rumah, pakaian, aktivitas sehari – hari bahkan sampai proses mendapat sang calon istri yang dilakukan calon suaminya dan menurut saya sangat unik, dimana calon suami harus menculik si calon istri tanpa diketahui pihak keluarga calon istri, jadi apabila kehilangan anak perawannya biasanya keluarga tidak terlalu khawatir malah cenderung bahagia, karena anaknya akan dipinang orang (enak beneeeer), dan semua ini tanpa skenario yang biasa kita lihat di acara drama realiti salah satu stasiun Tv. Untuk menelusuri desa ini Backpackers akan di pandu oleh guide dan dengan tarif se’ikhlasnya (awas jangan pelit), disana Backpackers juga bisa membeli beberapa cinderamata khas suku sasak seperti gelang, kalung, dan sebagainya. Letaknya sangat strategis terdapat di kanan jalan menuju kota Mataram dari pantai Kuta, disana juga terdapat areal parker dan sekali lagi gratisss…

Taman Narmada, terletak ditengah kota menuju kawasan bertais sekitar 30 menit dari senggigi, taman ini adalah bentuk sederhananya dari danau sagara anak yang terdapat di Taman Nasional Gunung Rinjani, dahulu raja mataram selalu sembahyang menuju Danau tersebut, namun untuk keamanan jiwanya yang sudah tua, sang penasihat kerajaan membuat duplikatnya yaitu Taman Narmada (base on true story). Di taman ini Backpackers bisa melihat danau awet muda (mitos) dan beberapa pura tempat sembahyang, di taman ini juga terdapat fasilitas kolam renang dan outbound. Jadi kalau Bacpackers mau relaksasi kolam renang dan fasilitas outbound bisa jadi alternatif. Di sini juga terdapat kios yang menawarkan oleh – oleh dan cinderamata khas Lombok seperti kaos, sarung lombok dan sebagainya. Untuk memasuki kawasan Taman Narmada dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk satu orang.

Note :
- Sebenarnya melalui jogja juga bisa untuk menuju banyuwangi denga menggunakan KA ekonomi Sritanjung dari Stasiun Lempuyangan Rp 35.000.
- Transportasi di Lombok sebaiknya menyewa motor Rp 50.000/hari.
- Sebaiknya bahkan harus, setiap membeli tiket di Pelabuhan di loket resmi dan jangan beli di calo yang sangat aktif menawarkan tiket.
- Jangan lupa membawa KTP, karena masuk Bali selalu ada pemeriksaan KTP

Rincian Biaya :

Biaya Transportasi

 Jakarta - Lombok
Jakarta – SurabayaRp 43.500  
Surabaya – Banyuwangi Rp 80.000  
Banyuwangi – Gilimanuk Rp6.000  
Gilimanuk – Padang Bay Rp 40.000  
Padang Bay – Lembar Rp 30.000  
Lembar – Mataram (Cakra) Rp 15.000  
Cakra - Padang roe Rp 3.000  
Padang roe - Senggigi Rp 3.000

TOTAL Rp 220.500
Transportasi di LombokSewa motor 2 hari Rp 100.000  
Tiket Wisata Taman Narmada Rp 5.000  
Tiket Wisata Batu Bolong Rp 5.000 
 Tiket Desa Senaru Rp 5.000  
Tiket Air Terjun Tilep Rp 5.000  
Bensin Rp 20.000

TOTAL Rp 140.000Senggigi - Gilitrawangan 

Bangsal - Gilitrawangan PP Rp 20.000 (KAPAL BOET)

Biaya Akomodasi

 Penginapan Lombok /malam *Rp* *100.000*

Note : sebaiknya berdua atau lebih dari satu dan jumlahnya genap
(berdua, berempat,dst,,) supaya sharingnya gampang, sewa motor selam
dilombok, hati2 dengan ongkos yang di tembak, info diatas bisa sebagai
pegangan, jgn pernah skali2 beli tiket kapal ferry sama calo, apalagi
supir truck, mereka giat banget nawarin di pelabuhan padang bai dan
ketapang, untuk itenerarynya ada di note facebok saya, add aja fb
saya...

itu aja kayanya,,salam Ransel
"Seberapa berani anda melalukan perjalanan, dan bukan hanya sekedar tujuan"


94 komentar:

  1. keren banget perjalanannya.. rencananya akhir tahun ini w mw kesana.. oh ya habis berapa duit total semuanya sampai balik lagi ke jkarta terus kalau sendirian kesana aman gak yah, cz temen2 w belumada yang mw diajakin nih....


    oktianti : ii_okti@yahoo.com

    BalasHapus
  2. hai okti..kemaren brangkat bulan april, total budget sekitar 940rb jakarta - lombok - bali - jakarta, tapi itu belum termasuk konsumsi & oleh2 ya..:D cuman akomodasi ma transportasi ja..sebaiknya jangan sendiri..min 2 oranglah,,biar bisa sharing budget..dan jangan ganjil..karena ribet sharenya..contoh, buat share sewa losmen ma motor..karena selama di lombok dan di bali..sebaiknya sewa motor..biar ngirit ongkos..thx ya dah comment...:) get youre backpack and make a journey...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saya mau info rincian biayanya dong. Email: yanuari.dwiputra@yahoo.com

      Hapus
  3. Usuuuul cuy, jangan makan di gilitrawangan. Harganya nyiksa banget & tambahan lokasi di lombok cobain Gili Nanggu dket daerah sekotong, TOP BGT. Gilitrawangan mah lewaaaaaat...

    (pengalaman pribadi)

    BalasHapus
  4. @anonim: thx sarannya,,,memang lombok banyak tempat yang paten banget...:D

    BalasHapus
  5. jadi jika boleh tau, brpa total biaya nya broo?? ikhwan 085781634327

    BalasHapus
  6. @ihkwan : emailnya dong..nanti dikirim rincian biayanya...kebetulan sempet bikin kemaren,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau juga donk kirimin ke wiwitsutriyani@yahoo.com
      oiya sewa penginapannya di daerah mana? namanya apa? dan biayanya berapa?

      Hapus
  7. rincian biaya dong bro, minta ya... alizaj.siregar@gmail.com

    BalasHapus
  8. waaah, lombok keren bgt ya..
    minta rincianya juga dunk mas, email: fuadhasan4@gmail.com

    BalasHapus
  9. to alizaj n fuad nti dikirimin,,,sori baru baca,,,:D

    BalasHapus
  10. mas,saya aji dari padang,
    rencananya juga pgen pergi backpackeran taun depan.

    mau nanya nic mas,
    kok biaya kereta dari surabaya-banyuwangi mahal yaa? kan dua kota itu cukup dekat.

    trus satu lagi,sarannya mas kan sewa motor aja pas d lombok n bali,di daerah mana aja kita bisa nemuin tempat orang nyewain motor mas ?
    makasih sebelumnya mas.

    BalasHapus
  11. @ aji : ba a kaba...?:D gimana padang aman...? kemarin itu saya naik kereta bisnis dari surabaya,,tapi klo kamu mau nunggu kereta KA sritanjung bisa tuh,,tiket jauh lebih murah, klo jadwal ga berubah mpe stasiun Sby-Gubeng jam 2 siang ji,,,KA sritanjung berangkat jam set 7 pagi dari stasiun lempuyangan jogja,,,soalnya kemarin dari jakarta - jogja klo naek KA progo ga ke kejar waktunya tuk lanjut naek KA sritanjung dari jogja,,makanya saya langsung surabaya...ayo ke lombok...Gili Trawangan dah nungguin tuh...:D

    BalasHapus
  12. temen2 dsini ad yg mw k lombok bulan desember gk?? ane ngikut donk..
    ane tinggal djogja neh, klo ada pls ajakin ane..
    ala backpacker n dana backpacker tentunya..

    nope ane:081994094012 (oponk)

    btw, makasi inpohny mas.. :D

    BalasHapus
  13. minta biaya nya donk mas ke bayu.refindra@gmail.com
    pengen ke sana ni
    sewa motor dilombok dimana mas?punya CP nya ga?
    makasih ya

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah kaba elok..padang aman2 sajo mas..haha

    iyaa ,doakan aja planning saya ama tmen2 bisa terlaksana taun depan mas..udh gak sabar liat sunrise di lombok n sunset di bali.hehe

    uiya,FB nya udh saya add mas,tlg d confirm.
    makasih infonya mas..

    BalasHapus
  15. bulan depan saya mau ke bali, rencananya mau sekalian ke lombok juga... share biaya dari bali-lombok-bali dunks...

    BalasHapus
  16. bro...mau juga dong rincian biaya nya rencana nya desember 2011 ini ane sm tmn2 mau kesana,mau tahun baruan disana insya ALLAH,, kirimnya ke udafitrah@gmail.com , thanks ya bro maaf klo merepotkan,,dan skalian klo ada saran2 ya mas brooo

    BalasHapus
  17. mas gw juga dikirimin dong rincian biayanya....ini email gw sekar_mrp@yahoo.com
    makasih

    BalasHapus
  18. mas iqbal, saya minta dikirim detail perjalanannya juga ya

    merahhitammerah@yahoo.co.id

    thanks

    BalasHapus
  19. saya mau tanya mas iqbal, saya berencana ke Pulau Komodo, bisa kah diberikan rincian biaya dan rute angkutan umumnya.. ini pertama kali saya melakukan backpacker, budget saya 1,5jt. terimakasih..

    BalasHapus
  20. haloo mas iqbal . .saya minta rinciannya donk . . :)
    eko_ibeth@yahoo.co.id
    terima kasih..

    BalasHapus
  21. bisa minta rician biayanya juragan, email : pauletagerrad@yahoo.co.id / paulushandoko@hotmail.com maturnuwun sanged braderr..

    BalasHapus
  22. gan mohon info perincian budget ke-bali lombok dari jogja soalnya saya mau kesn buln 2 ini.mhon infonya gan.ini e-mail saya. cah.bagoez93@gmail.com/di fB sya..Dwe Cah Bagoez/No Hp saya di 081215994677.terimaksh.

    BalasHapus
  23. Kenalin mas saya ian dari bandung (numpang kuliah aja sih disini hehe) Mas minta rincian biayanya dong ke email saya (dwfitrian@hotmail.com).Saya mau coba backpackeran ke Lombok juga nih untuk liburan kuliah semester ini :D

    BalasHapus
  24. waaah, lombok is next destination..
    minta tolong rincianya juga donk, email: cumanunme@yahoo.com
    makasi yaa

    BalasHapus
  25. Mas boleh minta rincian biayanya ga mas ke email saya (dwfitrian@hotmail.com)?Saya ian dari bandung,tertarik banget untuk backpacking ke lombok nih mas :D

    BalasHapus
  26. thanks infonya.kereen bgt.
    bisa kirim ke email tempat n rinciannya bang?
    makasi sebelumnya
    ryezky@gmail.com

    BalasHapus
  27. permisi sekalian... mau ada rencana juga nih mas iqbal untuk ke lombok sama teman, kira2 perinciannya boleh di email ke saya .. arif_her@yahoo.com mkasih sebelumnya...

    BalasHapus
  28. boleh dong minta rincian biayanya, kalo ada yg dari bandung berangkatnya..terima kasih

    BalasHapus
  29. @ rye segera dikirim...dylan emailnya dong...

    BalasHapus
  30. rincian biaya dong. please... ^_^
    dhee3s_dingin@yahoo.com

    BalasHapus
  31. mas, minta rinciannya juga ya. tolong dikirim ke email saya, anggit.kartikasari@gmail.com
    terimakasih ya mas

    BalasHapus
  32. mas iqbal saya yudha , saya juga mau dong rincian biaya nya ,, rencananya sih liburan semester depan mau main ke lombok juga , pitung_jagoan_betawi@yahoo.co.id

    BalasHapus
  33. wah boleh dong mas minta rincian biayanya :D
    hanif_kansas@Hotmail.com

    BalasHapus
  34. om rincian nya donggg
    kirim ke rafli2395@hotmail.com
    ane rencana 16 april mau kesana

    BalasHapus
  35. mau rincian biaya doonk

    free.rea7@gmail.com

    makasiiii
    ^^

    BalasHapus
  36. mas minta rincian biayanyaa boleh? Tolong kirim ke nonivoldemort@hotmail.com ya mas makasiih semoga membantu untuk traveling saya nantii :)

    BalasHapus
  37. mas boleh minta rincian biayanya??aku butuh nih buat bikin budget ke sana,,kalau bisa kirimin ke email ak yah : hyumie_affua@yahoo.com..mksih mas :D

    BalasHapus
  38. minta rincian biayanya, ya mas? madkurkania@rocketmail.com
    makasih sebelumnya..

    BalasHapus
  39. Hai Mas, boleh minta rincian biayanya engga ? klo ga ngerepotin bisa kirim ke email saya yaa mas, sawckk@gmail.com
    makasih byk yaa mas :)

    BalasHapus
  40. saya juga mau rincian biaya dong mas. :D nanda.adrian@gmail.com
    kalau dari bandung, mending ke jogja abis itu banyuwangi dulu ya?

    BalasHapus
  41. wih keren . . jadi kepingin nih . . minta rinciannya juga donk mas. . liburan smester rncana mau kesana. + saran2nya ya mas . . THX ^^ applez.of.die@gmail.com

    BalasHapus
  42. kalau mu lebih murah lagi ke banyuwangi nya via Malang. kalo misal dari stasiun senen ke kotabaru malang pake matarmaja cuman Rp 55rb (nyampe malang sekitar jam 10 atau setenga sebelas) trus ke banyuwanginya naek kereta tawangalun cuman Rp18.500(berangkatnya jam setengah 2 siang). sambil nunggu bisa cari makan di sekitar stasiun.. banyak kuliner lezat n murahhh bangeeettt..(sekitar 5-10rb rupiah saja tiap porsi) atau bisa juga jalan2 ke alun2 tugu dulu, cuman sekitar 5 menit jalan kaki dari stasiun.

    BalasHapus
  43. Maz aq ♏åϋ minta rincian biayanya boleh, aq tgl 4juni ♏åϋ kelombok. Tolong dikirim ke email aq ribby_cutte@yahoo.com mksh ya maz

    BalasHapus
  44. Aq juga tgl4 juni ♏åϋ ksn, boleh juga khn klo aq minta rincian biayanya, di kirim ke email aq, rini.ribby@gmail.com. Mksh maz

    BalasHapus
  45. salam ransel

    kaka boleh minta range biaya nya dari jogja ke lombok?
    rezqi_f@yahoo.com
    thanks ka, skalian CP dong

    BalasHapus
  46. ka,,, mau minta rincian harganya boleh ga?? ko harga tiketnya bisa murah? jadi pengen.. soalnya kalo dari bandung ke jogja harganya 100rb ka.... kirim ya rinciannya ke fajrienzha@yahoo.co.id.. maksih ka.. :)

    BalasHapus
  47. saya mengunjungi lombok minggu depan (10july 2012).Trims infonya sangat berguna ^^
    kunjungi tulisan saya tentang backpacker raja ampat:
    http://akanekun.com/backpacker-raja-ampat/

    BalasHapus
  48. Mas Iqbal blh mnt rincian biayanya gak ya,sy rencananya mau ke Lombok tp dr Bali-Lombok-Bali... sama mnt alamat n No tlp penginapan yg murah donk email sy m4rtha_fun@yahoo.com rencananya saya bulan Sept mau ke lombok
    kalau nyebrang dr padang bai ke Lembar schedulenya sehari brp kali ya???
    di tunggu infonya ( Makasiiiiih banyak )

    Regard
    Martha

    BalasHapus
  49. mas kirimin rincian harga nya ya..trs sama tempat sewa motor d bali dan lombok nya jg..
    ibadirahman@yahoo.com
    makasih mas...

    BalasHapus
  50. nice info om! boleh kirim rinciannya nih ke ahamsuparnadi@gmail.com
    thanks sebelumnya, salam ransel! :)

    BalasHapus
  51. sama kayak yang lain... minta rinciannya duitnya kang.... send email (dirja_bp@yahoo.com)
    terimakasih sebelumnya....

    BalasHapus
  52. oke udah dikirim ke semuanya, sudah terima kan,,,? atau dapet 2 kali...hehehehe sori...salam ransel

    BalasHapus
  53. Halo mas Iqbal, mau nanya dong ini semua berapa hari dan mau juga dong rincian duitnya :D email ke gitaditya@gmail.com. Terimakasih mas :D

    BalasHapus
  54. aq juga dnk bsa mnta rincian biaya, CP hotel dn persewaan motor sma mobil klo boleh.. selengkap lengkapnya, *kurang ajar banget hahaha (rukmanujang@rocketmail.com)

    soalnya september ke sana ni, dan buta lombok

    Thanks befopre,

    BalasHapus
  55. mas minta rincian total semua pengeluaran dong, saya tertarik backpacker ke gili trawangan :) di baharic@rocketmail.com

    BalasHapus
  56. ngikut juga bro, akhir taun mau kesono nie.. (fikri_epits@yahoo.com)

    BalasHapus
  57. artikelnya menarik nih..thanks for sharing :)
    boleh minta share list hotel/losmen yg murah dsana ga?plus tempat makan yg murah tapi enak?
    rencananya pertengahan bulan september mau kesana
    email: dianamaharbid@gmail.com

    BalasHapus
  58. Mas minta rincian total pengeluaran Jakarta - Bali - Lombok "PP" (generasi_biroe52@yahoo.co.id) rencana brgkt 2 september 2012 "salam ransel.

    BalasHapus
  59. Rincian biayanya di Sharp aja pos ......hehehe :D

    BalasHapus
  60. Keren, minta info penginapan yg murah meriah dan tempat sewa transportasi laen sebagainya. Insyaalh oktober, saya dan teman mo trip Bali-Lombok.
    terimakasih sebelumnya.
    wilda_ze@yahoo.com

    BalasHapus
  61. GUYS....maaf banget baru bisa bales...maklum nih...nguli terus...sekarang udah saya share rincian biaya,,silahkan di tanggapi...trimakasih...salam keluyuran...

    BalasHapus
  62. Nomor kontak untuk sewa motor dan losmen nya bisa di info? Trims.

    BalasHapus
  63. Mas iqbal sy minta rincian budgetnyasm nama penginapan nya disana kalo bisa. Hehehe @muhammad.putra2292@hotmail.com

    BalasHapus
  64. aseek banget tuch, minta info lengkapnya donk buat backpacker bali-lombok "pp"

    makasih sebelumnya

    the_devil_jack@yahoo.co.id

    BalasHapus
  65. Halo salam kenal,

    Ada plan ke Lombok akhir Des backpacker. Stok cuti terbatas, lebih cepat lewat Yogaya ato yang kamu jalani ini ya? Trims

    BalasHapus
  66. @jack : klo mau PP bali - lombok, saran saya ke lombok dulu, baru pulang nya ke bali, klo budget tinggal ditambahin aja, ongkos dari bali ke lombok, kan sama

    @ suzie : sebenarnya sama aja klo pake jalur darat, cuman klo langsung surabaya, kita bisa istirahat di term gilimanuk, sambil nunggu bis ke denpasar jam 1/2 2 malam,,banyak turis asing juga ko yang pada nungguin bis, klo bisa cuti seminggu,,

    BalasHapus
  67. mas masih inget gak nama penginapan yg dgili trawangan itu? beneran 100rb/mlm?
    atau ancer2 kalau turun dari kapal ke arah mana gt? tq

    BalasHapus
  68. @ Feby : saya menginap di daerah senggigi, di gili terawangan banyak juga penginapan, tapi saya ga tau rate nya, sori banget lupa namanya,seinget saya di sebrangnya terdapat penyewaan motor,,

    BalasHapus
  69. Mas Iqbal ini baik banget, semuanya dibalesin :D kalo boleh aku minta rincian biayanya juga dong, liburan semester depan mau coba main ke sana. thank you, Mas! rockiesmine@gmail.com

    BalasHapus
  70. mas kapasitas hotelnya bisa buat berapa orang ?? dan kalau dua orang bisa nambah extra bed ?? buat sewa motornya bisa langsung dari pelabuhan lembar ga ???

    BalasHapus
  71. sekalian rincian biaya plus makan selama di lombok mas ?? email : sakha_dienson@yahoo.com

    BalasHapus
  72. cool euy, pulau yang indah bersih pantainya, gak ada polusi dan polisi...

    BalasHapus
  73. cool euy, pulau yang indah bersih pantainya gak ada polusi dan polisi...

    BalasHapus
  74. cool euy, pulau yang indah bersih pantainya gak ada polusi dan polisi...

    BalasHapus
  75. hai kak aku jojo di jogja kasih tau rinciannnya donk klo ke bali ala backpackeran...........pengen bgt ke sana tp ala backpackeran dan sendiri heheheh pengen refresing udh pusing sama kuliah kalao ada email ya rinciannya voldermolt_hay@yahoo.com

    BalasHapus
  76. tapi boleh juga di mention ya di twitter @cup_markucup

    BalasHapus
  77. mas, minta budget info dong. :(
    selama mas disana ya?

    ekaherlina@gmail.com

    BalasHapus
  78. mas mau minta rincian biayanya donk.. kirim k ntadwitiya@gmail.com
    makasi mas

    BalasHapus
  79. mas mau tanya dong pernah kemadiun terus ketelaga sarangan ga
    kasih tau dong naek bus nya apa aja klo dari madiun
    makasih infon nya ya

    BalasHapus
  80. mas boleh dikirim rincian biaya hodup disana, maksih :) stochert@gmai.com

    BalasHapus
  81. mas saya risma, boleh minta rincian biaya slma disana , ini alamat email saya, rismahapsari@yahoo.com maksih sebelumnya

    BalasHapus
  82. hi risma, kan sudah rinci diakhir tulisan ini..
    apa kurang jelas ya...?

    BalasHapus
  83. Wah, aq br aja ke lombok tgl 3-6 juli2013. Luar biasa indahx, sesuai dgn biaya transportx. Hanya rugi di waktu, coba 1mgg pasti lbh asyik dech. Apalagi yg namax gili pink/tangkis. Kemarin total biaya all in sktr 2.500.000/org blm t'msk mkn lho.

    BalasHapus
  84. Wah asik jg ya backpackrr an ke lombok
    Mas bs minta contact atau rincian ga utk sewa mtr dmn dll dan info ke gili terimakasihhh emailnya pink_sleepy89@yahoo.com ya hehe

    BalasHapus
  85. masuk forum backpacker aja (http://www.backpackerindonesia.com/) sapa tau bisa share, bikin trip bareng, atau ada rekan2 bpackers Lombok yg bisa kasih tumpangan gratis selama disana hehe, nanti suatu saat bisa gantian, bpackers2 Lombok yg mau trip ke dae Barat dikasih tumpangan gratis bpackers2 di kawasan Barat :D

    salam ransel
    *sekedar share, hehe

    BalasHapus
  86. mas,dr senggigi ke pelabuhan bangsal klo pke motor sktr 30 menit. abis itu nyebrang ke gili trawangan pke boat kecil. nah pertanyaannya motor sewaan nya ditaro dmn?? hehehe thx.

    BalasHapus
  87. Mas mau dong rincian biayanya ke rahmadiniar@gmail.com. rencanaya saya mau dr jogja banyuwangi lombok. Doakan��

    BalasHapus
  88. Dear Mas Iqbal...boleh minta itinerary nya dan budgetnya kah? Walaupun ini artikel lama tapi membantu sangat,,, rencana februari 2015 mau kesana,,,bisa tolong email ke prawisudani@yahoo.com

    makasih :)

    BalasHapus
  89. mas...share dong tempat menginapnya dimana bwt backpaker,sewa kendaraan n tempat wisata mana aja kl ke lombok cuma 2 malam 3 hari,tq, share nya ke l031031ck@yahoo.co.id juga boleh....tq.....

    BalasHapus
  90. thanks infonya,, sungguh bermanfaat,,

    BalasHapus
  91. Info yg menarik... ini juga ada tambahan info yg mau cari tempat menginap di Surabaya... http://dparagon.com/kost-eksklusif-surabaya/ .. semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  92. Mas iqbal saya mau rincian dong hehe saya tommy dari semarang nih @tommysetyp123@gmail.com thankyou mas iqbal

    BalasHapus