Sabtu, 23 Juli 2011

Info Backpacker Bromo

Bromo, hampir semua orang Indonesia pasti tahu dengan wisata khas pegunungan yang satu ini, namun setelah bertahun – tahun damai tiba – tiba pertengahan November 2010 Bromo meletus, seluruh wisatawan dilarang berkunjung dan Bromo pun ditutup, setelah enam bulan kemudian Bromo pun berangsur – angsur mulai membaik, wisatawan pun dapat melepas rindu. Walaupun belum sepenuhnya sembuh Bromo tetaplah Bromo, siapapun pasti ingin mengunjunginya. Bagi backpackerss yang belum sempat jalan - jalan ke Bromo, catatan perjalanan ini boleh dijadikan sebagai informasi tambahan. Salam Ransel…..

Gunung Bromo, dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuna: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu, merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.(wikipedia)



Stasiun Pasar Senen – Jakarta. Backpackers yang berdomisili di Jakarta atau dekat dengan Jakarta, langsung aja menuju St. Pasar Senen dan membeli tiket jurusan St. Kotabaru Malang dengan menggunakan kereta KA Matarmaja (Malang – Blitar – Madiun - Jakarta) dengan harga tiket Rp 51.000 (klo belum berubah). Kereta berangkat ontime pukul 14.00 atau jam 2 siang, Lama waktu perjalanan normal menuju Malang 17 jam 30 menit, tapi kalau ada hambatan bisa mencapai 21 jam 30 menit (base on my experience), berarti paling cepat nyampe Stasiun Kotabaru Malang jam 06.30 pagi dan paling lambat pukul 10.30 setengah siang. Backpackers yang dari Bandung dan sekitarnya ngga perlu ke Jakarta, dari St Bandung bisa langsung naik KA Malabar (Malang – Bandung Raya) dengan harga tiket Rp 40.000 (klo belum berubah juga) berangkat pukul 15.30 dan nyampe malang pukul 08.20 (klo lancar).

Terminal Bis Arjosari – Malang, Alright,, nyame kota Malang tujuan selanjutnya adalah terminal bis Arjosari, dan backpackerss bisa langsung menggunakan “line” (angkot di Malang) bertuliskan akronim ABG dari depan stasiun dengan tarif Rp 2.500 sampai terminal Arjosari. Sampai diterminal backpackerss sebaiknya mandi dan bersih – bersih, karena klo di bromo dijamin backpackerss pasti males mandi karena air disana super duper duingin banget rek. Dari terminal Arjosari backpackers harus menuju kota probolinggo dengan menggunakan bis bertuliskan AKAS bisa jurusan Malang – Probolinggo atau Malang – Jember, karena bis bertuliskan AKAS biasanya selalu masuk terminal bis Probolinggo, dan tarif bis Rp 25.000

Terminal Bis Probolinggo, Sesampainya terminal Probolinggo backpackerss menuju terminal Ngadisari menggunakan angkutan ELF, angkutan ELF ini terdapat disebelah kiri diluar termina, jadi backpackerss tidak perlu memasuki terminal. Sebaiknya sampai terminal bis Probolinggo sebelum malam hari, karena turis yang ke menuju terminal Ngadisari sudah sangat jarang kalau menjelang malam, biasanya kalau penumpang tidak penuh (cth : hanya 3-5 orang), si supir ELF minta tambahan tarif Rp 10.000 (max Rp 15.000) dari tarif normal. Perjalanan menuju terminal Ngadisari sangat mengesankan, perjalanan akan melewati daerah Cemoro Lawang yang menyajikan pemandangan pohon cemara khas pegunungan, dan setelah satu jam backpackers akan tiba di terminal Ngadisari.

Objek – objek Wisata di Bromo:
Puncak Pananjakan, sebuah tempat yang dijadikan oleh para wisatawan untuk berburu matahari terbit, di puncak pananjakan juga terdapat fasilitas restoran dan mushola. Puncak Pananjakan juga tempat terbaik untuk melihat pemandangan gunung Bromo dengan latar belakang gunung Semeru yang terletak ratusan kilometer dari Bromo, suatu kesempatan yang langka melihat pemandangan tersebut, karena bergantung kepada cuaca setempat. Waktu terbaik mengunjungi Bromo adalah bulan juli sampai agustus. Untuk menuju puncak Pananjakan backpackerss harus menggunakan jeep khusus jenis Hartop dengan muatan 5 – 6 orang, dan berangkat paling lambat pukul 03.30 dini hari. Backpackers harus menyewa jeep terlebih dahulu, kalau per-orangan tarifnya Rp 80.000. Namun kalau backpackerss berkelompok bisa menyewa 1 jeep dengan tarif Rp 350.000. Peralanan akan ditempuh 15 – 30 menit untuk menuju pintu gerbang puncak Pananjakan.



Kawah Bromo, salah satu tempat yang tidak boleh dilewati adalah kawah bromo. Untuk menuju kawah ini, jeep akan membawa backpackers ke padang pasir yang sangat luas, dimana sejau mata memandang hanya pasir dan pasir. Kemudian tiba di tempat parker jeep, dan backpackers bisa meneruskan dengan berjalan kaki atau menngunakan kuda sewaan dengan tarif Rp 50.000 untuk mencapai bibir anak tangga kawah bromo. Namun suasana sekarang sangat berbeda dengan suasana sebelum meletus, dimana anak tangga diselimuti pasir vulkanik dan akan bertebaran apabila terhembus oleh angin. Sebaiknya backpackers menggunakan kacamata dan masker untuk keselamatan dan keamanan, dulu saja sebelum meletus untuk menaiki anak tangga hingga bibir kawah sangat melelahkan, kalau tidak salah hitung terdapat sekitar 150 anak tangga. Kawah Bromo sebelum meletus sangat eksotik dan agak sedikit mistik, karena setiap tahunnya selalu diadakan upacara kasodo oleh suku tengger setempat. Namun kaah bromo sekarang ditimbun oleh jutaan ton pasir vulkanik yang menutupi seluruh lubang kawah, dan backpacker harus sangat berhati – hati lagi. Mencapai bibir kawah sebuah perjuangan dan ada rasa bangga tersendiri apabila mampu mencapainya.

Akomodasi Bromo, banyak penginapan di Bromo, rate harga mulai 80.000 – 450.000, buat backpackers sebaiknya menginap di Losmen atau Homestay saja, tarif satu kamar per malam Rp 80.000/orang, atau Rp 100.000/2 orang, rekomendasi tempat untuk penginapan adalah Losmen Setia Kawan (hub pak Santoso 08123460471) atau Homestay Tengger Permai. Sebenarnya masih ada beberapa tempat yang bisa backpackers kunjungi, seperti Padang Savana dan Padang pasir yang pernah dijadikan sebagai tempat pembuatan film Pasir berbisik dan film – film pendek yang menghiasi televise backpackers. Namun informasi apakah tempat tersebut sudah aman dan bisa dikunjungi belum terekspos kembali, yang pasti Bromo tidak akan mengecewakan orang yang mengunjunginya. Indonesia wonderfull world..I love Indonesia…

Catatan : Menuju Probolinggo bisa juga melalui Kota Surabaya, dari Stasiun Pasar Senen (Jakpus) - Stasiun Gubeng (Sby), menggunakan kereta ekonomi Gaya Baru Malam, Stasiun keberangkatan awal Stasiun Kota pukul 12.00, tiba di Stasiun Pasar Senen 12.10 transit selama 10 menit dan berangkat tepat pukul 12.20 dengan tarif BA (Batas Atas Rp 55.000). Tiba di Stasiun Gubeng Surabaya pukul 04.00 (normal), kemudian dilanjut menuju terminal Bungur Asih menggunakan Bis/angkot Rp 10.000 (BA). Selanjutnya menuju Terminal Probolinggo menggunakan bis dengan Tarif Rp 23.000 bis AC, setelah sampai Terminal bis Probolinggo ikuti poin nomor "I.4" dan seterusnya, Kalau dari Surabaya waktu tiba diterminal Probolinggo bisa lebih cepat, sehingga masih banyak turis yang mau naik menuju Bromo.

                                  - JELAJAHI NEGERIMU JELAJAHI INDONESIAMU -












52 komentar:

  1. keren infonya!
    jadi kepengen backpacker-an juga nih.. hehe

    oh ya bro, saran nih, untuk tiap info backpackernya bs ga dikasih tau total budget akomodasi (+penginapan) yg dikeluarinnya, biar yg awam kayak saya ini bisa tau lebih detail lagi, abisnya bingung klo diitung satu-satu. hehe

    btw makasih ya infonya! sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  2. Thanks ya infonya,,,, rencana akhir bulan september mau ke bromo-jogja-semarang. kira2 kalo dari bromo ke jogja atau semarang naik apa ya?

    thanks

    BalasHapus
  3. Terimakasih komen2nya guys..@dhikatb kmaren total biaya sekitar 600rbuan hehehe..soalnya kmaren pas pulang ketinggalan kereta ekonomi matarmaja,,kepaksa naek kereta eksekutif gajayana,,,:D btw sarannya boleh juga,,
    @anonim keren mau ke bromo,,,bromo dh bisa dikunjungi kok,,mdah2an ga luntur eksotisnya paska meletus,,:) bisa naek bis dari terminal arjosari malang,,klo naek kereta ekonomi matarmaja ga lewat jogja,,prefer naek bis aja..tapi maaf info biayanya belum tau,,,

    BalasHapus
  4. salam kenal iqbal,,, thanks a lot, info2 nya berguna banget..
    mudah2an oktober ini rencana ke bromo dpt terealisasi...

    BalasHapus
  5. @anonim: sip sip...temen bulan mei kesana,,,bromo sah siap menunggu kita semua...para backpacker mania...manstafff

    BalasHapus
  6. Kalo cari jeep untuk perorangan dimana ya?

    BalasHapus
  7. jeep biasanya dikelompokan tidak per orang,,i jeep bisa 6 orang...

    BalasHapus
  8. Wah.. nice info banget..
    saya lagi cari rute ke bromo, ingin ngetest solo travelling.. terminal ngadisari itu udah masuk daerah taman nasional bromo ya?

    BalasHapus
  9. mas bro, ane ada rencana mau kesana nih, tq ya infonya...

    tapi ane mau nanya nih, tiket keretanya kalo pas pulang bisa dibeli pas hari itu juga gak?, ga pesen dulu gt...

    BalasHapus
  10. @adit: Yups...bener banget Ngadisari sudah termasuk Taman nasional bromo, enak banget singlebackpacker,,ayo ke bromo...! ati2 dingin banget... @igum : klo ga pas liburan si ga masalah,,beli tiket langsung,,mang berangkat dari mana..? tapi klo ada waktu sebaiknya sebelum brangkat pesen tiket dulu...backpacker kan easy going...yang penting kita berangkat...:D

    BalasHapus
  11. ada yg mau ke bromo bulan desember?????

    BalasHapus
  12. nice share,
    plan bulan february 2012, semoga aman...

    BalasHapus
  13. klo penginapan yg murah dmn....surya jember

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pondok Pertanian Tajung "tosari"

      Memperkenalkan" Tengger-Bromo"dr segala aspek, kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum, dng hanya membayar 'sukarela', ( cukup memasukan dana se rela nya ke kotak dana perawatan pondok.)...... Pondok pertaniaan tanjung terletak di dukuh: Tanjung rt.03. rw.03.(KM 99) desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya)

      Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari 'Pasuruan' ambil arah malang smp di 'Warungdowo' (-+ 7km), belok kiri smp 'Ranggeh' belok kanan menuju 'Pasrepan' terus saja smp 'Puspo' terus saja melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh 'Jonggo" terus sedikit melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 . Kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari.

      @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
      @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- / malam.

      *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
      *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
      *.bisa dimasakan menu sederhana Rp.20.000,- 1x.makan. (.bisa nego dgn ibu Sulis.)

      # untuk informasi hub: per sms/tlp. 081249244733 - 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
      #informasi melalui “face book” dengan nama: bromo tanjung pondok pertanian

      Hapus
  14. berarti klo lbh enak naik gaya baru malam yaaa???datengnya gk siang2 bngt

    BalasHapus
  15. kalo kemaren saya prefer naik matarmaja...biar nyampe probolinggo ga kesorean...sebab angkutan yang ke bromo jam 4 sore dah mulai susah...

    BalasHapus
  16. thanks ya infonya
    mau tanya mas, baliknya dari Ngadisari jam berapa?nyampe malang jam brp?
    trs kereta ekonomi adanya ja brp?
    makasih

    BalasHapus
  17. itu biaya jeep per orang yg 80K itu apa biaya PP atau cm skali jalan om?? :)

    BalasHapus
  18. kereta matarmaja dari malang jam 3 sore, sebaiknya balik jam 10 pagi,,buat keamanan...@wahyu : PP yu,,paket...1.puncak pananjakan 2. kawah 3. savana

    BalasHapus
  19. nice information gan :D
    ditunggu posting2 berikutnya
    salam kenal :)

    BalasHapus
  20. pak, disana ada sewa motor ga? biasanya perhari brapa pak? oiya, mungkin punya info homestay deket2 hotel java banana pak? :)

    BalasHapus
  21. juli awal 2012 yuq,backpackeran

    BalasHapus
  22. kerennnn banget postingannya. berarti kalo udah sampe ngadisari, langsung cari home stay? apa masih kudu jalan lagi buat nyari homestay? (cari jarak terdekat sebelum mendaki) :)

    BalasHapus
  23. Memang Gunung Bromo Keren ABis,,,, :D

    BalasHapus
  24. @wamini : iyah langsung aja cari homestay, lebih enak cari home stay deket pangkalan jeep, jadi enak dekat,,
    @luckythaoca & Andry : Thanks...

    BalasHapus
  25. wis...mantaffff,,,mudah2 oktober masih kemarau disana,,jadi liat sunset dipunca pananjakan bersih ga ada awan,,,!! coba hub losmen setia kawan diatas,,mudah2an masih aktif,,saya ke bromo satu bulan sebelum bromo meletus oktober 2010,,mudah2an losmen itu masih ada,,tapi banyak losmen ko disana,,selamat backpackeran...slam ransel

    BalasHapus
  26. Salam kenal,
    Sya juga planning October mau ke sana ni. Klo dari probolinggo balik surabaya naik apa ya?

    n' jeepnya klo cuma berdua wajib nunggu penumpang lain gak ya? Thank u

    BalasHapus
  27. klo dari probolinggo ke surabaya naek kereta ada stiap jam 2 siang dari stasiun kereta probolinngo..temen saya tgl 28 sept kesana,,kemarin pulang ke surabaya dulu,,jeep max 6-7 org..biasanya supir jeep juga ga mau rugi,,biasanya nungguin,,tips pas nyampe bromo langsung ke pangkalan jeep..

    BalasHapus
  28. dari Arjosari juga bisa langsung ke daerah Tumpang (Malang) (Rp. 5000)
    nyampe disana nunggu mobil pickup yg ngangkut sayur2an, biasanya jam 9 pagi..
    tinggal bayar 15.000 per orang..
    dianter ke desa ngadas, dari sana jalan kaki deh ke Bromo, lebih kurang 13 km..
    kita ngelewatin padang rumput, bukit teletubbies, trus padang pasir.. so, 13 km ga bakal berasaa..
    ini nih juga jalur buat naik semeru.. :D

    BalasHapus
  29. mantap sekali artikelnya tentang bromo
    makasih infonya

    BalasHapus
  30. Mantap... komplit banget infonya gan... ane berencana juga ke bromo, moga2 yang ini gak cancel lagi cos dah berkali2 cancel. thanks banget..

    BalasHapus
  31. mau tanya kalau dari malang ke cemoro lawang menghabiskan waktu berapa lama ya? jeep itu maksimal berapa orang ya? soalnya saya bakal bersepuluh kesana? penginapan tengger permai itu deket dengan tempat penyewaan jeep?
    makasih infonya :)

    BalasHapus
  32. mau tanya homestay tengger permai itu lokasinya dimana ? kok nomornya ga bisa dihubungi ya.
    Perjalanan dari malang ke cemoro lawang berapa jam kira-kira ?

    thanks :)

    BalasHapus
  33. Rencana agustus ud harus kebromo nih.
    Thank's infonya.

    BalasHapus
  34. @Raisa : dari malang sebaiknya ke terminal probolinggo dulu,trus naek elf yang terdapat di depan terminal dengan jurusan cemoro lawang, dari terminal probolinggo sekitar 1 jam bagus pemandangannya, sebenarnya bisa saja melalui Tumpang, hanya saja medan yang akan dilalui cukup berat, dan harus menggunakan jeep, berhubung saya melalui probolinggo jadi saya belum punya info yang melalui tumpang, tapi abis nonton film 5 cm. ternyata melalui tumpang ciamik banget pemandangannya, untuk jeep bisanya ful diisi 6 orang, klo bersepuluh mending dua jeep, penginapan banyak disekitar pangkalan jeep. selamat bertualang,,

    @anonim : mungkin sudah ga aktif, dan bisa dipastikan homestay tempat saya menginap kena imbas dari debu vulkanik bromo yang sebulan setelah saya kesana bromo meletus, karena hanya berjarak skitar 3km dari kawah bromo , mudah2an sudah di renovasi dan pemiliknya selamat, karena homestay itu yang paling murah dan cukup nyaman pada saat itu.

    @ rio : oke,,skitar juli-agustus waktu terbaik kebromo,,hati2 suhu bisa nol derajat hehehe,,dan saya juga berencana kembali ke bromo antara bulan2 itu, dan biasanya pada bulan juli/agustus bertepatan dengan upacara kasodo yang selalu diperingati oleh suku tengger setiap tahunnya skalian nularin virus backpacker ke istri saya,,,:D

    SALAM KELUYURAN SEMUANYA...WE LOVE INDONESIA

    BalasHapus
  35. wah .. Postingannya cukup memberi Pencerahan bagi saya yang masih sangat awam akan informasi perjalanan kesana. Ada rencana untuk melakukan solo traveling kesana. Kira2 akan menemukan kesulitan ga Mas mengunjungi lokasi2 yang dijadikan objek wisata, jika saya melakukan perjalanan seorang diri sementara saya belum pernah sama sekali kesana?

    BalasHapus
  36. sama satu lagi mas, 2-3 hari cukup ga waktu untuk travellingnya? jika domisili saya diBandung.

    BalasHapus
  37. thank u informasinya kaa...
    salam kenal :)

    BalasHapus
  38. Pondok Pertanian Tajung "tosari"

    Memperkenalkan" Tengger-Bromo"dr segala aspek, kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum, dng hanya membayar 'sukarela', ( cukup memasukan dana se rela nya ke kotak dana perawatan pondok.)...... Pondok pertaniaan tanjung terletak di dukuh: Tanjung rt.03. rw.03.(KM 99) desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya)

    Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari 'Pasuruan' ambil arah malang smp di 'Warungdowo' (-+ 7km), belok kiri smp 'Ranggeh' belok kanan menuju 'Pasrepan' terus saja smp 'Puspo' terus saja melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh 'Jonggo" terus sedikit melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 . Kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari.

    @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- / malam.

    *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    *.bisa dimasakan menu sederhana Rp.20.000,- 1x.makan. (.bisa nego dgn ibu Sulis.)

    # untuk informasi hub: per sms/tlp. 081249244733 - 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    #informasi melalui “face book” dengan nama: bromo tanjung pondok pertanian

    BalasHapus
  39. thanks infonya!!

    saya bulan maret ini mau kesana backpacking, sedang googling wah ketemu artikel yang mantap kaya gini, terimakasih yaa

    BalasHapus
  40. Kalau dark jakarta gimana ya??

    BalasHapus
  41. Nau tanya kalau udah nyampe di stasiun probolinggo , kira2 ke bromo naek angkot ada gk , berapa jam dari stasiun probolinggo ke bromo ?

    BalasHapus
  42. maaf nehh klo mau ikut gabung bisa ga ????

    BalasHapus
  43. kak, apa dari malang ada angkutan lain selain naik bis? kalau iya, stasiun terdekat menuju gn.bromo turun di stasiun probolinggo atau pasuruan? awal bulan juni ini rencana kita akan ke sana, tetapi kami belum tau dan masih "buta" dengan semuanya, gak tahu apa2... bisa tolong dibantu kak? ini alamat e-mail saya dimaz.aditya05@gmail.com tolong ya kak... makasih kak

    BalasHapus
  44. hallo
    aku rencana abis lulus kuliah mo ke bromo nihhh...
    yang bunga" edelwaise itu dipadang savana ya???
    terus mas iqbal abis 600rb brp hari dbromo??
    makasihh infonya :)

    BalasHapus
  45. Thanks infonya. Artikel yang sangan bermanfaat.
    btw, mau nanya, kalau dari madiun mau ke bromo, baiknya ke malang dulu atau lsg probolinggo ? rencana agustus sy mau ke bromo...

    BalasHapus
  46. Dear Sri and Melati,

    saya dbromo 2 hari semalam, kalu menurut saya sebaiknnya langsung ke probolinggo ssja, karena efektif menuju bromo, nanti kamu ke terminal probolinggo. dari depan terminal probolinggo ada mobil angkutan "elf" langsung ke bromo..

    BalasHapus
  47. keren banget infonya kak, kalau boleh tau itu pengalamannya "save" tidak kalau dicoba sama backpacker pemula yang isinya perempuan semua dan kami notabene belum pernah jalan-jalan yang jauh-jauh. mohon infonya kak. terima kasih :)

    BalasHapus
  48. rencana tgl 2-5 nov mau ke bromo, masihbingung cari penginapan di bromo nya...bisa rekomen mas buat penginapannya..

    BalasHapus
  49. rekeasi yang menantang
    wisata bromo the adventure tour
    makasih infonya

    BalasHapus